Akreditasi Universitas Jenderal Soedirman

Akreditasi Universitas Jenderal Soedirman

Akreditasi Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) merupakan perguruan tinggi yang didirikan pada tanggal 23 September 1963 dan diresmikan oleh Menteri PTIP Prof. Dr. Tojib Hadiwidjaja di rumah Dinas Residen Banyumas berdasarkan Keputusan Presiden RI No.195/1963 dan SK Menteri No. 153/1963. Universitas ini terletak di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Nama Jenderal Seodirman sendiri merupakan nama Pahlawan Nasional, yaitu seorang Panglima Besar kelahiran Purbalingga. Nama tersebut diambil untuk mengenang pengabdian serta pengorbanannya terhadap bangsa Indonesia.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Bina Nusantara Bekasi

UNSOED hanya memiliki tiga Fakultas pada awal didirikan, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan pendidikan, UNSOED kembali membuka beberapa fakultas, yaitu Fakultas Peternakan (1966), Fakultas Hukum (1982), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1993), Program Pascasarjana (1994), Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (2007), serta Fakultas Sains dan Teknik (2007).

Kemudian terjadi perubahan organisasi pada tahun 2014, di mana Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan yang sebelumnya menjadi satu fakultas berkembang menjadi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Selain itu, Fakultas Sains dan Teknik juga berkembang menjadi beberapa fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakutas Matematika dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Alam, Serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Di tahun yang sama UNSOED juga membentuk Fakultas Ilmu Budaya yang sebelumnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

UNSOED kini sudah hampir menginjak usia 58 tahun. Di usia ini UNSOED masih terus mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi, kalangan pebisnis, masyarakat, serta pemerintah pusat dan daerah. Kerja sama tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan peran dan aktualisasinya dengan mengembangkan potensi yang ada sehingga manfaat dari pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dapat dirasakan oleh banyak pihak.

Profil Singkat Universitas Jenderal Soedirman

Perguruan tinggi yang berada di Jawa Tengah ini atau biasa dikenal dengan UNSOED ini terus menerus mengembangkan kemitraan dengan sesame perguruan tinggi, pebisnis, pemerintahan pusat maupun daerah, serta lapisan masyarakat untuk bekerja sama mengembangkan dan menggali lebih dalam potensi yang ada untuk meningkatkan peran serta aktualisasinya. Sehingga dapat bergerak cepat agar ketridharmaannya mampu dirasakan kemanfaatannya bagi nusa, bangsa, negara dan nilai-nilai kemanusiaan.

Hal tersebut merupakan suatu penegasan komitmen bagi UNSOED sendiri sebagai perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan  sumberdaya  perdesaan dan kearifan lokal yang telah diakui oleh dunia. Selain itu, fakultas dan jurusan di UNSOED kebanyakan mengantongi peringkat A dan B sehingga jurusan-jurusan tersebut sudah memenuhi standarisasi perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT).

Universitas Jendral Soederman (UNSOED) juga telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasonal Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN-PT. BAN-PT ini merupakan satu-satunya badan akrediatsi yang telah memperoleh wewenang dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI) dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, serta meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efesiensi dan keberlanjutan sebuah perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.