Akreditasi Universitas Kristen Maranatha

Akreditasi Universitas Kristen Maranatha

Akreditasi Universitas Kristen Maranatha

Akreditasi Universitas Kristen Maranatha – Universitas Kristen Maranatha telah memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan selama lebih dari 55 tahun. Perjalanan panjang tersebut membuktikan bahwa universitas yang terletak di kawasan Bandung ini memiliki kualitas yang sangat baik, dan bahkan telah menghasilkan 35.000 lulusan yang tersebar di Indonesia maupun luar negeri. Universitas Kristen Maranatha berusaha untuk menciptakan alumni-alumni yang memiliki integritas yang baik, kepedulian terhadap sesama dan memegang kuat terhadap orisinalitas sebuah karya yang bernilai prima.

Sejak didirikan pada tahun 1965, Maranatha terus mengembangkan sayapnya dalam dunia pendidikan. Diawali dengan Fakultas Kedokteran sebagai fakultas pertama, kini Universitas Kristen Maranatha menaungi 9 Fakultas dengan 28 Program Studi (jenjang studi diploma, sarjana, profesi, dan magister), yang seluruhnya sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

Akreditasi dan program studi (prodi) / jurusan di Universitas Kristen Maranatha Universitas Kristen Maranatha adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Alamat Universitas Kristen Maranatha tepatnya beralamatkan di Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung, Jawa Barat, 40164.

Baca juga : Mengenal Lebih Universitas Mataram

Universitas Kristen Maranatha ini merupakan perguruan kristen swasta yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini berdiri pada 11 September 1965 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha. Fakultas kedokteran adalah fakultas pertama sekaligus awal berdirinya Universitas Kristen Maranatha pada masa itu. Awal mula berdirinya Univesitas Kristen Maranatha ini merupakan suatu peristiwa yang diliputi oleh berkat rahmat Tuhan. yang tidak terlepas dari hasil perjuangan yang panjang dan gigih dari para mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel.

Profil Universitas Kristen Maranatha

Pada awal berdirinya Universitas Kristen Maranatha hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, lalu kemudian pada tahun-tahun berikutnya didirikanlah Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas Sastra dengan Program Studi Dan terus menerus berkembang hingga saat ini.

Akhirnya hingga saat ini  terdapat 9 fakultas dengan 3 program diploma, 18 program sarjana, 2 program profesi, dan 4 program pascasarjana pada universitas tersebut. Universitas Kristen Maranatha tercatat telah meluluskan lebih dari 30 Ribu alumni yang telah berhasil di dunia kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Hampir semua program studi yang ada sudah terakreditasi, jadi tidak usah ragu untuk berkuliah ke kampus tersebut.

Universitas Maranatha juga telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasonal Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN-PT. BAN-PT ini merupakan satu-satunya badan akrediatsi yang telah memperoleh wewenang dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI) dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, serta meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efesiensi dan keberlanjutan sebuah perguruan tinggi.

Selain itu, beberapa prodi di Universitas Maranatha juga telah memiliki akreditasi BAN-PT dalam penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.