Beberapa Universitas Terbaik Di Papua

Beberapa Universitas Terbaik Di Papua

Beberapa Universitas Terbaik Di Papua

Universitas Terbaik Di Papua – Apa saja perguruan tinggi atau kampus negeri dan swasta terbaik yang bisa kita temui di Papua? Papua merupakan salah satu pulau terluas di dunia dan memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah.

Akan tetapi seperti yang kita ketahui, saudara kita disana masih memiliki sumber daya manusia yang kurang. Oleh karena itu keberadaaan fasilitas pendidikan seperti universitas yang terjangkau dinilai penting untuk meningkatkan kualitas SDM kita.

Baca juga artikel lainnya : Poltekkes Terbaik Di Indonesia

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi kampus terbaik yang bisa kamu jadikan referensi apabila ingin melanjutkan sekolah menengah atas mu ke pendidikan yang lebih tinggi disana.

Perguruan tinggi di Papua juga tidak kalah berkualitasnya apabila dibandingkan kampus kampus yang ada di daerah lain di Indonesia.  Hanya saja akses dan fasilitasnya memang bisa dibilang masih tertinggal. Bila kamu memang bertempat tinggal disana, maka lebih baik untuk melanjutkan studi didekat kota mu saja, tanpa harus merantau ke pulau lain.

5 Universitas Terbaik Di Papua

Universitas Cendrawasih (Uncen)

Universitas Cendrawasih memiliki sejarah yang cukup panjang hingga pendiriannya di tahun 1962. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Papua dan terbilang menjadi favorit. Lokasinya berada di Jalan Camp Wolker, Jayapura, Papua, Indonesia.

Untuk jenjang S1, sudah cukup banyak fakultas yang ada di Universitas Cendrawasih. Beberapa di antaranya, adalah Fakultas KIP, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, MIPA, Teknik, dan Kedokteran.

Selain itu, ada juga Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keolahragaan. Di Uncen juga sudah terdapat program pascasarjana.

IAIN Fattahul Muluk Jayapura

Selanjutnya ada Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Jayapura. Pendirian kampus ini dilakukan pada tahun 2004, dengan melalui sejarah yang cukup panjang sebelum itu. Kalau Anda ingin menengok IAIN Fattahul Muluk, Anda bisa datang ke Jl. Merah Putih Buper, Yabansai, Heram, Jayapura.

Kampus ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah, Syariah, serta Ekonomi dan Bisnis Islam. Di Fakultas Tarbiyah terdapat Program Studi Guru MI, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, dan PAUD Islam.

Di Fakultas Syariah terdapat Program Studi Hukum Tata Negara, Hukum Keluarga, dan Muamalah. Sedangkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdapat Program Studi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah.

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

Kampus ini berlokasi di Jalan Raya Abepura,Sentani, Waena, Sentani Timur, Jayapura. Pendirian ISBI Tanah Papua terbilang belum terlalu lama, yakni pada 09 Oktober 2014. Kampus ISBI Tanah Papua saat ini memiliki kurang lebih 255 mahasiswa dengan 30 orang pengajar.

Terdapat lima program studi di sini, yakni Program Studi Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, Seni Kriya, dan DKV. Kelima program studi itu ditujukan untuk jenjang S1. Di kampus ini juga dilengkapi fasilitas lain untuk menunjang pembelajaran, seperti perpustakaan dan fasilitas olahraga.

Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ)

Daftar nama kampus di Kota Jayapura selanjutnya adalah Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ). Perguruan tinggi satu ini merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal di Jayapura. Pendiriannya resmi dilakukan pada tanggal 01 Oktober 2003.

Terdapat cukup banyak fakultas di universitas ini, seperti Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri dan Kebumian, dan Ilmu Kesehatan.

Selain itu, ada juga Ilmu Komputer dan Manajemen, hingga Ekonomi, Sastra, dan Sosial Politik. Semua fakultas tersebut untuk jenjang S1, kecuali Fakultas Ilmu Kesehatan hanya untuk jenjang D3.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura

Politeknik Kesehatan Jayapura dikelola langsung oleh Kementerian Kesehatan RI. Oleh karena itu, Poltekkes Kemenkes Jayapura berstatus sebagai perguruan tinggi negeri. Pembelajaran yang dilaksanakan di sini untuk jenjang D3 dan D4.

Kampus ini memiliki berbagai jurusan yang tentunya berkaitan dengan kesehatan. Jurusan tersebut, antara lain Jurusan Gizi, Analisis Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, dan Kesehatan Lingkungan. Alamat Poltekkes Kemenkes Jayapura berada di Jl. Padang Bulan II, Abepura, Hedam, Heram, Jayapura, Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.