Beberapa Universitas Tertua Di Dunia

Beberapa Universitas Tertua Di Dunia

Beberapa Universitas Tertua Di Dunia

Beberapa Universitas Tertua Di Dunia – Institusi pendidikan tinggi telah ada sejak abad pertengahan. Institusi pendidikan tinggi pertama yang menggunakan kata universitas didirikan di Kerajaan Italia. Sebagian besar universitas yang didirikan pada zaman dahulu kini berevolusi mengikuti tuntutan zaman. Sebagian universitas-universitas tertua di dunia mampu mempertahankan kebesaran dalam sejarah panjang Universitas-universitas tertua di dunia sebagian memiliki reputasi yang sangat baik sekaligus menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan bagi umat manusia hingga kini.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Negeri Dengan Jurusan Bahasa Korea Terbaik

Banyak orang yang menganggap Universitas Al-Azhar atau Universitas Oxford sebagai univesitas tertua di dunia. Dua universitas ini memang masuk dalam daftar universitas tertua, namun bukanlah yang tertua di dunia. Universitas mana yang menyandang gelar universitas tertua di dunia? Sebagian besar dari Anda mungkin menjawab: Universitas Al-Azhar atau University of Oxford.  Dua universitas ini memang masuk di daftar universitas tertua di dunia. Tapi, mereka bukanlah yang tertua.

Universitas merupakan institusi pendidikan yang ditempuh setelah lulus SMA. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk masuk ke universitas terbaik.  Universitas sudah lama menjadi tempat orang mendapatkan ilmu yang mendalam. Tercatat, banyak universitas yang berdiri bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka.

Informasi Mengenai Beberapa Universitas Tertua Di Dunia Yang Terkenal

1. University of Al-Karaouine

Sebagai lembaga pendidikan paling tua nomor satu dunia, University of Al-Karaouine berada di Fez, Maroko. Universitas tersebut dahulunya merupakan sebuah masjid pertama yang berdiri pada tahun 859, pendirinya adalah Fatimah Al-Fihri.

Karena merupakan masjid tertua nomor satu dunia, akhirnya Universitas tersebut diakui oleh Guinness Book of World Records. Kamu mungkin baru pertama kali ini mendengar nama universitas tersebut.

2. Al Azhar University

Jika tujuan kamu melanjutkan pendidikan selanjutnya di Mesir, kamu akan menemukan Al-Azhar University. Universitas tertua tersebut berdiri sejak tahun 970-972, menawarkan program jurusan Hukum Islam dan Qur’an secara detail termasuk mengasah kemampuan logis, grammar, dan retorika.

Al-Azhar University adalah lembaga perguruan tinggi pertama sekaligus menjadi pusat pembelajaran agama Islam. Pada tahun 1996, lebih dari 4,000 institut pendidikan tinggi di Mesir bekerjasama dengan universitas tersebut. Sampai saat ini, Universitas tersebut masih menjadi pilihan bagi para muslim yang ingin melanjutkan studi ke Mesir.

3. University of Bologna

Pada urutan ke tiga, kampus tertua di dunia adalah milik University of Bologna. Lembaga perguruan tinggi tersebut berdiri pada tahun 1088. Sebagai lembaga perguruan tinggi berbasis riset, sekaligus berhasil membangun reputasi baik dalam tingkat nasional, Eropa, dan dunia terkait kualitas pendidikan yang ditawarkan.

University of Bologna berada pada Bologna, Italia. Sejak berdiri, kampusnya sudah menarik berbagai pelajar, kaum intelektual dari berbagai belahan dunia. Terdapat hingga 87.760 pelajar berkuliah di Universitas tersebut.

4. University of Oxford

Sejarah pendirian di University of Oxford masih belum diketahui kapan secara jelasnya. Namun, pembelajaran tertua dilakukan di University of Oxford pada tahun 1906. Banyak pelajar Indonesia melakukan berbagai cara karena banyaknya beasiswa tersedia, bahkan untuk kuliah gratis sampai selesai.

University of Oxford merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dunia sekaligus mampu menghasilkan banyak alumni terkenal. Salah satu alumni populer dari University of Oxford adalah Stefan William Hawking.

5. University of Salamanca

Berdiri pada tahun 1218, universitas ini berada di Barat Madrid, Spanyol. Di universitas tersebut, sang penemu benua Amerika memulai belajar mengasah pengetahuannya yaitu Christopher Colombus.

Sebagai lembaga perguruan tinggi tertua di Eropa, University of Salamanca sekaligus menjadi lembaga pendidikan tertua di Spanyol. Universitas bergengsi ini menjadi rumah bagi 30.000 mahasiswa, dijuluki sebagai Oxford-nya Spanyol karena merupakan pusat pendidikan paling penting. Jurusan populer adalah bidang kemanusiaan. Kapan saja kamu ingin memperdalam jurusan Humaniora, kampus ini pilihan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.