Cara Mendaftar Di Universitas Sebelas Maret

Cara Mendaftar Di Universitas Sebelas Maret

Cara Mendaftar Di Universitas Sebelas Maret

Cara Mendaftar Di Universitas Sebelas Maret – Seleksi Mandiri UNS (Universitas Sebelas Maret) 2021 untuk penerimaan mahasiswa baru telah dibuka. Berikut ini jadwal jalur mandiri UNS 2021 lengkap dengan syarat pendaftaran, cara daftar dan biaya.

Jalur Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah jalur PMB (penerimaan mahasiswa baru) yang diselenggarakan di luar seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Diketahui, seleksi mandiri untuk calon mahasiswa (S1) terbagi menjadi dua jalur, yakni jalur tulis dan UTBK.

UNS.ac.id – 3 Jalur Pendaftaran Online UNS 2022/2023 – Melalui informasi ini kita akan membahas mengenai kampus UNS, siapa yang tidak tau dengan UNS kampus tempat anak presiden kuliah, bahkan kampus ini masuk dalam urutan 15 besar peringkat kampus yang ada di Indonesia, bagi kalian yang ingin mengikuti pendaftaran kampus terbaik ini dapat simak beberapa informasinya seperti dibawah ini.
Sesuai dengan jenis pendaftaran yang sudah dibahas maka kami disini akan memberikan beberapa informasi mengenai Review Pendaftaran, untuk bisa mendaftar peserta harus mengikuti segala ketentuan yang ada, jika kita sudah membahas mengenai UNS tentu ada banyak hal yang menarik bisa kita simak seperti kita ketahui kampus ini memiliki banyak sekali juruan unggulan.
Baca juga artikel lainnya : Universitas Budi Luhur
Nah pada kali ini kita bertemu lagi dan akan membahas secara rinci mengenai beberapa kampus dari UNS untuk lebih jelas mari kita simak beberapa ketentuan yang ada pada jalur masuk ini, sesuai dengan judul kita akan fokuskan dalam Cara Pendaftaran UNS.

Pendaftaran UNS 2022/2023 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

1. Pendaftaran UNS Jalur SNMPTN
SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa dan prestasi lain yang relevan.
UNS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur seleksi SNMPTN untuk menerima calon mahasiswa baru.

Bagi yang berminat mengikuti SNMPTN, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN yaitu registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT dapat dibaca selengkapnya pada artikel Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Sedangkan informasi pengisian data PDSS dapat ditemukan pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Selanjutnya lengkapi informasi SNMPTN ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNMPTN yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran SNMPTN, mekanisme mengikuti SNMPTN, biaya SNMPTN, jadwal SNMPTN, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.
2. Pendaftaran UNJ Jalur SBMPTN
Selain SNMPTN, UNJ  juga membuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SBMPTN.

Seperti yang kita ketahui bahwa jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

UTBK dilaksanakan sebelum SBMPTN. Jadi, kalian yang ingin mendaftar SBMPTN, silahkan ikuti terlebih dahulu tes UTBK. Nantinya nilai UTBK tersebut dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Secara singkat dapat dibuat alur pendaftaran SBMPTN sebagai berikut : registrasi akun LTMPT, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN.

Penjelasan mengenai UTBK dapat dibaca pada artikel ini : Pendaftaran UTBK.

Sedangkan informasi mengenai registrasi akun LTMPT telah dijelaskan di bagian atas (bagian SNMPTN). Silahkan buka pada artikel tersebut.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SBMPTN telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya pendaftaran SBMPTN, cara mendaftar SBMPTN, dan keterangan lainnya seputar SBMPTN.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNS
Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNS Jalur Mandiri
Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara khusus oleh panitia penyelenggara dari UNS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa yang sebelumnya dinyatakan tidak lulus mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN, maka bisa kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri UNS.
Seleksi jalur mandiri ini dibuka untuk calon mahasiswa yang memilih program pendidikan jenjang Diploma atau Sarjana. Jika anda berminat, silahkan daftarkan diri anda.
5. Pendaftaran Mahasiswa Transfer S1 UNS
Jalur seleksi  mahasiswa transfer merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk calon mahasiswa yang sebelumnya telah mendapatkan gelar pada jenjang Diploma-3 dan saat ini ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana (S1). Calon mahasiswa yang demikian bisa mengikuti seleksi jalur mahasiswa transfer S1.
6. Pendaftaran Program Pascasarjana (S2/S3) UNS
Seleksi Program Pascasarjana UNS merupakan seleksi untuk calon mahasiswa jenjang Magister dan Doktor. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua calon mahasiswa serta ujian khusus/ketrampilan di program studi masing-masing.
7. Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) UNS
Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis merupakan seleksi untuk calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNS yang memilih Program Pendidikan Dokter Spesialis. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/ketrampilan di program studi masing-masing.
8. Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Seleksi Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan seleksi yang diadakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memilih Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) di UNS. Seleksi PPAk dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/ketrampilan di program studi masing-masing.
Penting!!! Informasi pendaftaran jalur mandiri, baik jenjang S1, S2, S3, Program Dokter, Program Profesi dapat di lihat di alamt resmi universitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.