faFakultas ultas dan Jurusan Universitas Sumatera Utara

fakultas dan Jurusan Universitas Sumatera Utara

Fakultas dan Jurusan Universitas Sumatera Utara

Fakultas dan Jurusan Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara. USU awalnya berdiri dengan nama Yayasan Universitet Sumatra Utara pada 4 Juni 1952. Fakultas pertamanya adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada tanggal 20 Agustus 1952. Presiden Soekarno meresmikan USU sebagai Universitas Negeri ke-7 di Indonesia pada 20 November 1957. Pada tahun 2018, USU berganti status perguruan tinggi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dan menjadi universitas PTN-BH ke-7 di Indonesia.

Baca juga : Syarat Masuk Universitas Oxford

Universitas Sumatera Utara (USU) sebelumnya berdiri sebagai Yayasan Universitas Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Yayasan ini didirikan oleh Abdul Hakim Harahap, yang merupakan Gubernur Sumatra Utara pada saat itu. Keinginan untuk membangun universitas di Medan sudah ada sebelum Perang Dunia II dimulai, tetapi tidak disetujui oleh Pemerintah Belanda. Pada zaman pendudukan Jepang, orang terkemuka di Medan seperti Pirngadi dan T. Mansoer membuat rancangan untuk perguruan tinggi kedokteran. Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Mohammad Djamil sebagai ketua panitia rencana pembangunan universitas. Konflik Revolusi Nasional Indonesia pada 1945 hingga 1949 membuat pembangunan tertunda. Abdul Hakim lalu berinisiatif meminta kepada rakyat Sumatera Utara mengumpulkan dana sosial untuk pendirian universitas.

Profil Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang bertempat di Kota Medan, Sumatera Utara. USU diresmikan sebagai universitas ketujuh oleh Soekarno pada 20 November 1957, namun Dies Natalis Universitas Sumatera Utara diperingati pada hari dilakukannya perkuliahan pertama di USU yakni tanggal 4 Juni 1952.

Universitas yang berlokasi di Jl. Dr. T. Mansur No 9 Padang Bulan, Medan ini juga berstatus sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH) yang secara otonom mengelola bidang akademik dan non akademik. Selain itu, Universitas Sumatera Utara menjadi satu-satunya dan pertama di dunia yang memiliki jurusan D3 Statistika.

Sejarah

Keinginan untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi di Kota Medan sudah muncul sejak masa sebelum Perang Dunia II, namun tidak mendapatkan persetujuan dari pemerintah Belanda pada masa itu. Barulah pada masa pendudukan Jepang rancangan pendirian perguruan tinggi kedokteran mulai dibuat, dan di laksanakan setelah masa kemerdekaan Indonesia. Pendirian Universitas Sumatera Utara diawali dengan pendirian Yayasan Universitiet Sumatera Utara oleh Gubernur Sumatera Utara pada 4 Juni 1952.

Dengan kerjasama serta bantuan dari masyarakat Sumatera Utara yang pada masa itu juga termasuk Daerah Istimewa Aceh, Fakultas Kedokteran berhasil didirikan dengan total 27 mahasiswa pada 20 Agustus 1952, disusul Fakultas Hukum dan pengetahuan masyarakat pada 1954, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di tahun 1956, Fakultas Pertanian pada 1966, serta Fakultas Kedokteran Gigi yang resmi didirikan pada 19 Oktober 1961.

Hingga pada 20 November 1957 Presiden Indonesia saat itu, Soekarno meresmikan Universitas Sumatera Utara yang sekaligus menjadi universitas negeri ketujuh di Indonesia. Tanggal tersebut awalnya ditetapkan sekaligus sebagai hari jadi USU sampai tahun 2001, sebelum pada 2002 dengan usul dari beberapa senat Universitas Dies Natalis USU diputuskan jatuh pada tanggal 20 Agustus 1952 sebagai hari pertama perkuliahan dimulai di lingkungan kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.