Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara – Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) didirikan oleh Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Yayasan ini dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Yayasan diurus oleh Dewan Pimpinan yang diketuai langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, dengan susunan sebagai berikut: Abdul Hakim (Ketua); Dr. T. Mansoer (Wakil Ketua); Dr. Soemarsono (Sekretaris/Bendahara); Ir. R. S. Danunagoro, Drh. Sahar, Drg. Oh Tjie Lien, Anwar Abubakar, Madong Lubis, Dr. Maas, J. Pohan, Drg. Barlan, dan Soetan Pane Paruhum (Anggota).

Baca juga : Universitas Lambung Mangkurat

Hasrat untuk mendirikan perguruan tinggi di Medan sudah ada sebelum Perang Dunia-II. Tetapi tidak disetujui oleh pemerintah Belanda pada waktu itu. Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang tokoh seperti Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansoer membuat rancangan Perguruan Tinggi Kedokteran. Setelah kemerdekaan pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia.

Berhubung karena Fakultas Ekonomi USU di Kuta Raja menjadi bagian dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, maka pada tahun 1961 didirikan Fakultas Ekonomi USU di Medan. Pembukaan Fakultas Ekonomi USU di Medan ditetapkan dengan Surat keputusan Menteri Pendidikan Tinggi RI Nomor 64 tahun 1961 tertanggal 24 November 1961. Fakultas Ekonomi USU mengasuh tiga program studi, yakni ekonomi pembangunan, manajemen dan akuntansi.

Pada Tahun 1975Akademi Adsministrasi Niaga Medan (AAN) dipindahkanke Fakultas Universitas Sumatera Utara menjadi Pendidikan Ahli Adsministrasi Perusahaan (PAAP) berdasarkan S.K. Mendikbud R.I No. 42/U/1975 tanggal 13 Maret 1975. Selanjutnya berdasarkan surat keputusan Rektor USU Nomor:309/UN5.1.R/SK/KPM/2014 tanggal 19 Februari 2014, nama Fakultas Ekonomi dirubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU.

Kelebihan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Dunia Anak Pecinta Hitungan

Alasan pertama mengapa Anda harus memilih fakultas ekonomi dan bisnis USU, ya tentu fakultas ini adalah dunianya mahasiswa yang mencintai dunia hitungan. Mengapa demikian, sebab kebanyakan mahasiswa di fakultas ini adalah yang suka pada angka, dan tentunya orang-orang yang terliti. Hal ini membuktikan bahwa banyak mahasiswa yang bisa melaporkan keuangan yang tidak membuat muak, justru malah menarik.

Ilmu Dekat Kehidupan Sehari-hari

Alasan kedua mengapa Anda harus kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis usu yaitu ilmu yang diajarkan sangat lekat dan berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak dapat dipungkiri, karena ekonomi menjadi salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusa. Dimana Anda berada, pasti uang atau ekonomi akan menjadi hal yang dibutuhkan untuk hidup.

Nah melalui fakultas ini, Anda akan mempelajari tentang cara mengelola uang, bertahan hidup, dan lain sebagainya. Maka dari itu, fakultas ini selalu mempunyai peminat yang banyak.

Prospek Kerja Mengglobal

Alasan ketiga mengapa Anda masuk fakultas ekonomi dan bisnis usu yaitu fakultas ekonomi dan bisnis ini mempunyai prospek kerja uang lebih mengglobal. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat fakultas ini, sebab hal yang banyak diperhatikan calon mahasiswa ketika mencari universitas, fakultas, hingga prodi adalah prospek kerja setelah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.