Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat tidak pernah sepi peminat. Ribuan siswa setiap tahunnya bersaing untuk menempati bangku kuliah di kampus yang berada di Jalan Veteran, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin tersebut. Program studi yang ditawarkan pun sesuai dengan minat siswa dan kebutuhan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu harus menyingkirkan setidaknya hampir 20 orang untuk dapat melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran ULM.

Baca juga artikel lainnya : 10 Universitas Keperawatan Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran ULM atau biasa disapa FK ULM adalah salah satu fakultas kedokteran negeri terbaik yang berada di Kalimantan Selatan. Bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk menjadi dokter dapat mewujudkannya dengan kuliah kedokteran di Fakultas Kedokteran ULM. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan dan sarana prasarana yang ditawarkan FK ULM sangat baik sehingga meningkatkan proses belajar mengajar.

Tiap tahunnya, jumlah pendaftar di Fakultas Kedokteran ULM terus mengalami peningkatan. Banyak calon mahasiswa baru bersaing agar dapat menempuh pendidikan dokter disini. Jika Anda ingin kuliah di FK ULM terlebih dahulu mendaftarkan diri mengikuti tes ujian masuk serta mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum tes berlangsung. Cobalah untuk berlatih menjawa soal-soal SBMPTN ataupun soal tahun lalu dengan mengikuti bimbel khusus kedokteran sehingga diharapkan hasil yang didapat lebih maksimal.

Profil Singkat Universitas Lambung Mangkurat

Berdirinya ULM tidak dapat dilepaskan dari sejarah perjuangan menegakkan kemerdekaan Indonesia. Meskipun Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, tetapi Belanda baru mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Dalam kurun waktu tahun 1945 sampai 1949 tersebut Belanda berusaha keras menjajah kembali Indonesia melalui upaya militer dan politik namun berhasil digagalkan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Salah satu daerah yang gigih berjuang mempertahankan kemerdekaan adalah Kalimantan Selatan. Pada tanggal 17 Mei 1949 bertempat di Desa Niih Kandangan, Hasan Basry, memproklamasikan Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan. Pada acara reuni tanggal 3 – 10 Maret 1957 para pejuang ini membentuk Dewan Lambung Mangkurat dengan rencana kerja yang dititik-beratkan kepada pembangunan daerah Kalimantan Selatan. Salah satu rencananya adalah mendirikan sebuah Perguruan Tinggi yang akan diberi nama Universitas Lambung Mangkurat.

Organisasi yang telah dibentuk tersebut bertekad untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang kemudian dinamakan Universitas Lambung Mangkurat. Nama tersebut diadopsi dari nama salah satu tokoh yang berperan penting dalam pendirian Kerajaan Negaradipa, sebuah kerajaan yang menjadi asal mula Kerajaan Banjar. Pemilihan nama Lambung Mangkurat ditujukan untuk mengenang jasa tokoh tersebut bagi peradaban masyarakat di Kalimantan Selatan.

Kampus yang lebih dikenal dengan ULM ini diresmikan pada tanggal 28 September 1958 dengan rektornya yang pertama, yaitu Letnan Kolonel Hasan Basry. Di awal berdirinya, hanya terdapat empat (4) fakultas di Universitas Lambung Mangkurat, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan Politik, dan Fakultas Islamologi. Namun, setelah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada 1 November 1960, Fakultas Islamologi menjadi bagian dari IAIN Antasari, dan kemudian dibentuklah Fakultas Pertanian di Universitas Lambung Mangkurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.