Informasi Seputar Universitas Kasuari

Informasi Seputar Universitas Kasuari

Informasi Seputar Universitas Kasuari

Informasi Seputar Universitas Kasuari – Universitas di Papua yang pertama adalah salah satu universitas negeri yang sangat terkenal di Jayapura, yakni Universitas Cenderawasih atau UNCEN. Berdiri pada tanggal 10 November 1962, perguruan tinggi negeri (PTN) ini berlokasi di Jalan Kamp Wolker, Jalan Kambolker Perumnas III, Yabansai, Heram, Papua.

Universitas Papua (Unipa) yang awalnya hadir untuk membantu pengembangan Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih saat ini telah berdiri sendiri dan menjadi Universitas Negeri unggulan di provinsi Papua Barat. Kampusnya pun tersebar di tiga kabupaten, loh. Kampus utama terletak di kota Manokwari yang menjadi pusat administrasi, kantor rektorat dan tempat kuliah hampir seluruh Fakultas yang tersedia di Unipa.

Baca juga : Rekomendasi Universitas di Bandung yang Berasrama

Khusus untuk Fakultas Kedokteran, kampusnya ada di kabupaten Sorong. Nah, bagi Quipperian yang berencana mengambil program studi Perikanan dan Kelautan, nantinya kalian berkesempatan mengikuti penelitian di kampus Unipa yang letaknya di kabupaten Raja Ampat yang saat ini masih dalam kajian tim Pengembangan Fakultas Perikanan.

Jadi bukan hanya membangun Kampung Tangguh namun kita juga membangun Asrama Tangguh. Melalui kegiatan ‘Ketahanan Pangan Mahasiswa’ ini adik-adik siap belajar di sini dengan kondisi yang sehat. Kandungan protein nabati pada sayur-sayuran ini akan membuat kita sehat dan memiliki daya pikir yang baik.

Hal ini dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) saat memberikan sambutan pada acara Penanaman Perdana dalam rangka Ketahanan Pangan Mahasiswa, yang merupakan kerja sama Kodam XVIII/Kasuari dengan Universitas Papua (Unipa), pada Jumat (9/4/2021) bertempat di Asrama Mahasiswa Bintuni, Amban, Manokwari, Papua Barat.

Informasi Seputar Universitas Kasuari, Papua

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Setiap manusia memiliki hak untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Agar kebutuhan pangan masyarakat bisa tercapai, maka perlu dilakukan bernagai upaya, salah satunya adalah dengan cara mewujudkan ketahanan pangan seperti yang dilakukan Kodam XVIII/Kasuari bersama Unipa.

“Ke depan diharapkan, melalui kegiatan ketahanan pangan ini, selain dapat membantu adik-adik mahasiswa Unipa dalam pemenuhan gizi dan alternatif sayuran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, juga untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat,” ujar Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Kegiatan Ketahanan Pangan Mahasiswa tersebut tidak hanya dilakukan oleh TNI, lanjutnya, namun merupakan wujud dari sinergitas TNI-Polri, Pemda, Mahasiswa dan Dosen, yang ikut serta mendorong para petani dan masyarakat untuk bercocok tanam guna membantu masyarakat mewujudkan ketahanan pangan di lingkungan keluarga di wilayah Papua Barat.

“Setelah kegiatan hari ini, harapannya ke depan Mahasiswa Unipa bisa merawat dan menjaga tanaman-tanaman ini sampai bisa panen, sehingga dapat menyiapkan pemenuhan kebutuhan sayur dan dimasak sendiri,” ucapnya.

Penanaman perdana berbagai jenis tanaman sayuran dalam rangka Ketahanan Pangan Mahasiswa di Asrama Mahasiswa Unipa asal Kabupaten Bintuni ini bermaksud mengajak seluruh elemen bangsa untuk menemukan solusi yang inovatif dan berkelanjutan guna menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk menjamin ketersediaan pangan cukup, aman, baik pada tingkat nasional, daerah, hingga rumah tangga, utamanya bagi para Mahasiswa Unipa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.