Kunci Determinasi Bantu Siswa Mengenal Tumbuhan

RADARSEMARANG.ID, Keanekaragaman hayati berupa flora di lingkungan SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal tergolong melimpah.

Ada tumbuhan penutup tanah, semak, perdu dan pohon. Tumbuhan lumut, paku, tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup.

Dari sekian banyak jenis, dapat kita jumpai beberapa tanaman yang merupakan kelompok tanaman sayur. Artinya dapat dimanfaatkan sebagai lalaban atau bahan pecel atau jenis sayur lainnya.

Ada juga yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Hal tersebut didukung letak geografis, topografi, dan lingkungan di daerah perbukitan.

Tapi sayang tidak semua tumbuhan yang ada dapat dikenali oleh siswa. Hal tersebut dimungkinkan ketidaktahuan siswa terhadap manfaat tanaman tersebut. Untuk itu dilakukan kegiatan pengenalan tumbuhan melalui kegiatan identifikasi dengan bantuan kunci determinasi.

Kunci determinasi yang disajikan masih berupa kunci determinasi tumbuhan sederhana. Dibuat untuk memudahkan siswa dalam mengidentifikasi tumbuhan.

Kunci determinasi tumbuhan merupakan suatu kunci yang berguna dalam mengidentifikasi tumbuhan berupa keterangan mengenai ciri-ciri yang merupakan kegiatan taksonomi atau klasifikasi. Dalam langkah kunci determinasi terdapat dua alternatif ciri yang berlawanan.

Pada kunci determinasi tumbuhan juga berisi deskripsi tentang ciri-ciri yang berlawanan. Sehingga satu bagian ditolak dan bagian yang lain dapat diterima.

Hal tersebut terus berlanjut sampai pada akhirnya akan diperoleh suatu jawaban yang merupakan identifikasi tumbuhan yang di maksud.

Penggunaan referensi harus mencakup semua kemungkinan yang akan terjadi dalam proses identifikasi. Sehingga tumbuhan yang akan diidentifikasi harus dideskripsikan semua bagian morfologinya. Mulai dari bagian akar, batang daun bahkan bunga.

Menurut Simpson (2006), identifikasi tumbuhan dapat dilakukan dengan empat metode. Di antaranya kunci taksonomi, menulis deskripsi tumbuhan, membandingkan spesimen, membandingkan gambar, dan pendapat lembaga atau ahli.

Identifikasi tumbuhan adalah serangkaian proses pengenalan tumbuhan untuk mengetahui jenis tumbuhan secara detail dan lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Proses identifikasi tumbuhan bertujuan mengetahui identitas dari tumbuhan yang belum diketahui.

Kunci dikotomi merupakan sebuah langkah atau cara dalam mengenali makhluk hidup serta pengelompokan pada takson.

Kunci dikotomis terdiri atas deretan pernyataan yang merupakan dua baris dalam mengelompokkan makhluk hidup.

Dalam setiap kuplet harus menyertakan nomor. Lalu dalam kunci determinasi, kata yang pertama dalam setiap pernyataan dari satu kuplet harus identik.

Kunci determinasi tumbuhan adalah petunjuk yang dapat digunakan menentukan famili, ordo, genus dan spesies tumbuhan.

Kunci ini terdiri atas deretan pernyataan yang terdiri dari dua baris dan berisi deskripsi dari ciri-ciri tumbuhan yang disajikan dengan ciri yang berlawanan.

Deskripsi karakter dari ciri morfologi yang mudah diamati dan menggunakan istilah umum sehingga mudah dimengerti oleh semua orang.

Dengan bantuan kunci determinasi siswa lebih banyak mengenal tumbuhan dengan cara mengobservasi, mengidentifikasi, membandingkan specimen, mengumpulkan data, menyimpulkan dan selanjutnya mengkomunikasikan.

Keaktifan siswa dalam kegiatan di lingkungan sekolah diharapkan siswa lebih giat belajar, berlatih, berpikir kritis, peduli terhadap lingkungan, dan siswa dapat belajar secara efektif. (wa/fth)

Guru Biologi SMAN 1 Bojong, Kabupaten Tegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *