Mengenal 11 Struktur Sel Tumbuhan, Apa Saja?

Jakarta, CNN Indonesia

Tumbuhan sebagai makhluk hidup juga memiliki sel seperti manusia. Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup, baik secara struktural maupun fungsional.

Untuk mengetahuinya, kita harus tahu struktur dari sel tumbuhan terdiri dari apa saja.

Struktur Sel Tumbuhan

Mengutip Buku Pengayaan Materi IPA SD berjudul Struktur Fungsi & Metabolisme Tubuh Tumbuhan karya Dedi Herawadi, berikut penjelasan mengenai struktur sel tumbuhan dan fungsinya.

1. Dinding sel




Ilustrasi. Sel tumbuhan terdiri dari apa saja? Yakni mulai dari dinding sel sebagai lapisan terluar (Foto: iStockphoto/Razvan)

Dinding sel adalah lapisan terluar dari sel yang mengelilingi dan membatasi ruang sel untuk berkembang. Dinding sel pada tumbuhan memiliki struktur yang fleksibel, kuat, tetapi terdapat juga lapisan kakunya.

Dinding sel terdiri dari dinding primer, sekunder, dan lamela tengah. Dinding sel terbentuk dari selulosa sejenis karbohidrat, pektin, lignin, dan hemiselulosa.

Fungsi dinding sel adalah untuk menjaga tekanan turgor dan memberi bentuk sel tumbuhan. Selain itu, dinding sel juga berfungsi untuk melindungi sel, tempat pertukaran zat seperti protein dan molekul kecil yang keluar masuk dari sel, hormon sel, dan penyimpan karbohidrat.

2. Membran sel

Membran sel adalah selaput dari molekul lemak dan protein Fungsinya untuk melindungi isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul, sampai menerima rangsangan dari luar sel atau reseptor.

3. Inti sel

Inti sel atau nukleus adalah organel sel tumbuhan yang terbesar. Biasanya, letaknya ada di tengah sel dan berbentuk bulat atau oval. Inti sel terdiri dari lapisan selaput, nukleolus atau anak inti, nukleoplasma, dan kromosom atau kromatin.

Selain itu, ada juga membran sel di dalam inti sesl yang menyelimuti seluruh inti sel. Inti sel berfungsi untuk mengatur semua kegiatan sel, mengatur pembelahan sel, dan menyimpan informasi genetik.

4. Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian yang cair di dalam sel. Fungsinya sebagai pelarut zat-zat kimia serta menjadi media terjadinya reaksi kimia sel.

Di sekitar sitoplasma terdapat organel-organel sel bersifat hidup dengan menjalankan fungsi-fungsi kehidupan.

5. Plastida

Sel tumbuhan terdiri dari apa saja? Berikutnya adalah plastida, yaitu organel yang dinamis karena mampu membelah, tumbuh, dan berdiferensiasi menjadi berbagai bentuk.

Pada daun, plastida berwarna hijau dan disebut krolopas yang mengandung klorofil atau zat hijau daun. Kloroplas berfungsi pada fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat.

6. Vakuola

Vakuola adalah organel dengan volume terbesar di sel tumbuhan. Isinya berupa cairan dengan rongga yang diselaputi membran.

Cairan dalam vakuola adalah air yang di dalamnya terlarut zat seperti enzim, alkaloid, lipid, garam mineral, asam, termasuk juga asam amino, asam organik, glukosa, dan gas.

Fungsinya, yaitu menyimpan zat cadangan makanan seperti amilum dan glukosa, pigmen, dan minyak atsiri. Lalu, juga sebagai tempat mengatur turgiditas sel dan penimbun sisa metabolisme dan metabolik sekunder.

7. Ribosom




Ilustrasi. Sel tumbuhan terdiri dari apa saja (Foto: Getty Images/iStockphoto/jaminwell)

Ribosom adalah organel sel terkecil di dalam inti sel tumbuhan. Fungsinya sebagai tempat sintesis protein.

8. Retikulum endoplasma

Retikulum endoplasma terdiri dari bagian yang halus dan kasar. Bentuknya seperti benang dan bermuara di inti sel.

Fungsinya untuk mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara inti sel dengan sitoplasma dan sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri.

9. Mitokondria

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan energi ATP dan tempat berlangsungnya siklus Krebs.

Mitokondria terdiri dari membran luar dan membran dalam yang mirip dengan membran plasma.

10. Badan golgi

Badan golgi adalah organel polimorfik yang tersusun dari membran berbentuk kantong pipih (siterne) atau gelembung putih atau mangkok. Ini ibaratnya pembuluh di dalam sel.

Letaknya di antara retikulum endoplasma dan membran plasma. Fungsinya, untuk memilah dan mengirim produk sel serta terlibat dalam sekresi.

11. Mikrotubulus dan mikrofilamen

Mikrotubulus adalah bagian sel yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel atau ibaratnya rangka sel. Sementara mikrofilamen berperan dalam pergerakan sel.

Demikian informasi mengenai sel tumbuhan terdiri dari apa saja? Semoga bermanfaat.

(uli/juh)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *