Profil Singkat Universitas Gunadarma Tangerang

Profil Singkat Universitas Gunadarma Tangerang

Profil Singkat Universitas Gunadarma Tangerang

Universitas Gunadarma Tangerang – Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.

Baca juga : Universitas Jenderal Achmad Yani

Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Sejarah Singkat Universitas Gunadarma Tangerang

Universitas Gunadarma berdiri pada tanggal 7 Agustus 1981 bertepat di Jakarta dengan nama awal “Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK)”. Konon pada tahun 1981 tepat nya bulan Agustus lahirlah 4 akademi komputer di Jakarta yaitu :

  1. Akademi Tehnik Komputer (ATK)
  2. Akademi Komputer Gunadarma (AKG)
  3. Akademi Komputer Budi Luhur (AKBL)
  4. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STI&K)

Dengan seiring perjalanan “Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK)”. Pada tanggal 10 Juli 1984 melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan dan berubah menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG).

Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) kemajuan nya cukup pesat dan pada tanggal 5 Oktober 1985, melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985 sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru “Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). Bersama dengan itu STKG di ganti menjadi STMIK Gunadarma.

Kemajuan dari STMIK Gunadarma ini menjadikan status yang sebelumnya berstatus Terdaftar menjadi Diakui pada tanggal 4 Januari 1988  dan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/O/1989 status dinaikkan lagi menjadi Status disamakan.

Pengembangan Program Pendidikan terus berjalan pada akhir nya tanggal 13 Januari 1990 Gunadarma mendirikan “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Pada tanggal 9 Maret 1985 Gunadarma mengadakan upacara peletakan batu pertama di Kampus Pondok Cina Depok yang sebelumnya lokasi pendidikan hanya terpusat di Kampus Kenari Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.