Profil Singkat Universitas Harvard

Profil Singkat Universitas Harvard

Profil Singkat Universitas Harvard

Profil Singkat Universitas Harvard – Siapa yang tidak pernah mendengar nama Harvard University? Salah satu universitas di Amerika Serikat ini merupakan universitas bergengsi yang dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia. Tidak sedikit orang yang bermimpi untuk menjadi salah satu lulusan Harvard University, beberapa bahkan sangat berambisi untuk menjadi salah satu pelajar luar biasa yang dapat menempuh pendidikan di universitas ini.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Gadjah Mada Jakarta

Harvard University adalah salah satu universitas riset swasta yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Berdiri pada tahun, 1636, Harvard University merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika dan juga termasuk salah satu yang tertua di dunia. Ada sekitar 50 program sarjana, 134 program pascasarjana, serta 32 program profesional yang ditawarkan di Harvard University.

Alumni universitas ini termasuk 8 orang presiden Amerika Serikat dan 188 miliuner yang masih hidup. Selain itu, sebanyak 160 pemenang nobel, 18 pemenang Fields Medal dan banyak lainnya telah berafiliasi dengan Harvard University baik sebagai mahasiswa, pengajar atau peneliti. Salah satu alumni paling terkenal dari universitas ini

Profil Singkat Universitas Harvard | Sejarah

Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai “universitas” dan bukan “college” terjadi pada tahun 1780. Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat dariUniversitas Yale, pesaing terdekatnya).

Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama.

Harvard University adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Sebagai salah satu universitas tertua di Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1636 ini tentu kaya akan sejarah, program akademik dan dosen dengan kualitas terbaik, penelitian kelas dunia, serta basis alumni yang luar biasa. Tentu hal ini akan menjadi prestise bagi siapa pun yang berhasil untuk kuliah di Harvard University. Jika Scholarship Hunters masuk ke Harvard,  otomatis kamu akan dianggap sebagai salah satu orang yang paling cerdas di dunia karena Harvard University telah menduduki peringkat No. 5 di dunia dalam The World’s Top 100 Universities atau 100 Universitas terbaik di Dunia menurut QS Top Universities Ranking 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.