Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan

Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan

Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan

Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan – Universitas Sungkyunkwan (SKKU atau secara sederhana disebut Seongdae, Hangul: 성균관대학교; Hanja: 成均館大學校) adalah sebuah universitas riset swasta dengan kampus yang berlokasi di Seoul dan Suwon. Awalnya, didirikan pada tahun 1398 oleh Dinasti Joseon yang terletak di jantung pusat kota Seoul. Universitas ini diberi wewenang sebagai Sungkyunkwan, institusi pendidikan Joseon yang terkemuka, dengan kode administrasi negara yang agung berkaitan dengan persetujuan kerajaan.

Saat ini, universitas ini memiliki dua kampus: Kampus Humaniora dan Ilmu Sosial di Seoul, dan Kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Suwon. Dua belas sekolah dan empat perguruan tinggi menawarkan gelar di tingkat sarjana; dua belas sekolah pascasarjana memberikan berbagai gelar baik di tingkat master maupun doktor. SKKU menawarkan program MBA Global yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris, yang telah mendapat pengakuan internasional yang luar biasa.

Baca juga artikel lainnya : Fakta University of California, Berkeley

SKKI juga memiliki program gelar ganda ambisius dengan sejumlah universitas ternama di dunia. SKKU juga memiliki salah satu sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan, yang berafiliasi dengan Samsung Medical Center yang terkenal di dunia. Samsung bermitra dengan SKKU pada tahun 1965-1977 dan memulai kemitraannya lagi pada tahun 1996. Beberapa tahun terakhir telah melihat tren SKKU meningkat dalam peringkat universitas, secara konsisten menempati posisi 3 besar secara nasional.

Profil Singkat Universitas Sungkyunkwan | Sejarah

Universitas yang berdiri pada tahun 1398 ini memiliki motto yaitu “Kemanusiaan, kebenaran, kesopanan dan kebijaksanaan”. Keempat unsur tersebut merupakan kebajikan utama pada manusia yang dibawa sejak manusia lahir. Sungkyunkwan University sangat menjunjung keempat kebajikan tersebut yang merupakan bentuk dari semangat konfusianisme. Artinya, selain agar memiliki kecakapan dan ilmu pengetahuan, Sungkyunkwan mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi manusia dan berperikemanusiaan.

Sungkyunkwan University menjadi salah satu universitas Korea yang memiliki kerjasama erat dengan perusahaan konglomerat Samsung. Setiap tahunnya, Samsung memberikan beasiswa kepada mahasiswa SKKU dan SNU yang berprestasi. Samsung juga membantu SKKU dalam mengembangkan infrastruktur yang mendukung penelitian di bidang energi, nanoteknologi dll. Selain bekerjasama dengan Samsung, SKKU juga menjalin kerjasama dengan perusahaan konglomerat lainnya yakni Hyundai. Menurut Koran JoongAng Daily, SKKU berada di peringkat ke-3 universitas terbaik di Korea setelah SNU dan KAIST. Pada tahun 2020 SKKU berhasil menduduki peringkat 15 universitas terbaik di Asia menurut QS World Ranking.

Leave a Reply

Your email address will not be published.