Targetkan Konsumsi Ikan 62 Kilogram Per Kapita pada 2022, Berikut Strategi KKP

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong peningkatkan konsumsi ikan. Salah satu strategi yang dijalankan, yakni dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan.

“Kami juga menginternalisasikan Gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan) melalui komunitas, bazar-bazar, juga kerja sama dengan dinas kelautan dan perikanan untuk kampanye bersama-sama. Kami juga membentuk forum peningkatan konsumsi ikan di pusat dan daerah,” ujar Direktur Pemasaran Ditjen Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Erwin Dwiyana, dalam acara diskusi Road to Harkanas, Senin, 14 November 2022.

Baca: Kejar Target Produksi 2 Juta Ton Udang, KKP Kembangkan Induk Unggul Vaname

Erwin menyebut konsumsi ikan perlu terus didorong lantaran ikan memiliki kandungan gizi, seperti Omega 3 yang mendukung pertumbuhan. Ikan pun sudah disepakati pemerintah sebagai bahan pangan yang mengandung sumber protein yang penting untuk asupan gizi. Karena itu, lanjut Erwin, konsumsi ikan juga terus didorong untuk membantu menurukan privalensi stunting.

“Target konsumsi ikan kita tahun ini sudah dinaikkan dari 56 kilogram per kapita di tahun 2021 menjadi 62 kilogram per kapita tahun ini,” ujar Erwin.

Adapun momen yang menjadi pendorong pencapaian target tersebut, salah satunya adalah Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang diperingati saban 21 November. Erwin mengatakan Harkanas ditujukan untuk meningkatkan konsumsi ikan dengan mengingatkan masyarakat dan pemerintah pusat maupun daerah, juga komunitas—mengenai pentingnya mengonsumsi ikan.

“Konsumsi ikan tidak hanya untuk kesehatan tapi juga menjadi investasi yang cukup untuk membangun atau menghasilkan generasi muda yang menjadi generasi emas di tahun 2045,” kata dia.

Agenda Harkanas tahun 2022 akan diperingati di Kabupaten Parigi Motong, Sulawesi Selatan pada puncaknya 21 November mendatang. Acara tersebut akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, seperti lomba memasak ikan. “Ini adalah perayaan pertama di luar DKI Jakarta,” ucap Erwin.  

 

Baca: 1.236 Nelayan Ikut Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut, Trenggono: Demi Generasi Akan Datang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *