Uji Inovasi Baru, Magetan Siap Basmi Organisme Penganggu Tumbuhan

Rabu, 23 November 2022 | 17:10 WIB

 | Penulis : 

, Redaktur : Tobari

Surabaya, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultira Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) siap siaga layani petani basmi organisme penganggu tumbuhan (OPT) dengan lebih cepat dan efisien.

Dalam rilis Diskominfo Magetan, Tak lagi menggunakan cara manual atau semprotan gendong, dengan adanya inovasi baru dari KDTPHPP berupa Drone, pembasmian hama pada tanaman padi dapat dilakuan dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

Kita arahnya ke pelayanan Petani. Apabila terjadi serangan OPT, khususnya pada tanaman padi maka drone ini bisa digunakan untuk pengendalian OPT padi.

“Kita selalu tanggap darurat, kita selalu cepat,” terang Romadhon, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPHPKP Magetan, saat simulasi di Stadion Yosonegoro Magetan, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut Romadhon mengatakan dengan adanya inovasi baru ini, petani tidak perlu menggunakan semprotan gendong untuk menangani OPT pada tanaman padi.

DTPHPKP punya tangan kanan POPT yang ditaruh di 18 Kecamatan di Magetan. Kalau ada keluhan pada petani, missal serangan OPT pasti mereka melapor ke petugas POPT baru kita bersurat ke Dinas, Dinas menindaklanjuti ke bawah.

“Gerakan itu, sekali pelapor besok ditindaklanjuti,” katanya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ghf /toeb)


  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber InfoPublik.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *