Universitas Dengan Akreditasi Unggul Di Indonesia

Universitas Dengan Akreditasi Unggul Di Indonesia

Universitas Dengan Akreditasi Unggul Di Indonesia

Universitas Dengan Akreditasi Unggul – Perguruan Tinggi (PT) terbaik biasanya turut dinilai dari banyaknya akreditasi unggul yang ada dalam setiap program studi (Prodi). Di Indonesia, akreditasi tersebut diatur dalam Permendikbud No. 5 tahun 2020.
Merangkum laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbud Ristek, secara Nasional jumlah program studi di Indonesia berdasarkan bidang ilmu adalah 29.413 program studi.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Prodi tersebut memiliki beberapa bidang, antara lain Seni, Humaniora, MIPA, Agama, Pertanian, Ekonomi, Kesehatan, Sosial, Teknik, dan Pendidikan. Bidang-bidang tersebut tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan komposisi yang berbeda pada tiap provinsi, sehingga tiap provinsi memiliki dominasi bidang ilmu masing-masing. Dari data tersebut, terdapat 4.373 program studi yang terakreditasi A dan sebanyak 6.651 perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A. Komposisi nilai persentase peringkat A pada perguruan tinggi mencapai 22,61 persen.

Akreditasi pastinya menjadi pertimbangan pertama, terutama saat memilih universitas swasta. Mungkin saat ini kamu memang sedang membuat daftar perguruan tinggi swasta yang terakreditasi bagus untuk menjadi calon kampusmu. Tetapi perlu diperhatikan kalau sistem akreditasi kini sedikit lain. Melalui instrumen IAPS 4.0 dan IAPT 3.0, penilaian kualitas pendidikan dan kualifikasi perguruan tinggi jadi lebih baik dan menyeluruh. Dengan begitu penyebutan hasil akreditasinya pun tak sama dengan peraturan sebelumnya. Dari sinilah model akreditasi baru dari BAN-PT mulai berlaku.

5 Universitas Dengan Akreditasi Unggul Yang Banyak Dicari

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada yang terletak di Sleman, Jawa Tengah, memiliki prodi dengan akreditasi A terbanyak, yaitu sebanyak 205 prodi dari total 264 prodi. Selain itu, salah satu kampus terbaik di Indonesia ini juga memiliki prodi terakreditasi internasional terbanyak di Indonesia.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terletak di Depok, Jawa Barat. Mengutip dari campus.quipper.com, Universitas Indonesia yang terkenal dengan singkatan UI ini memiliki 14 fakultas dengan lebih 291 program studi. Di UI sendiri terdapat 187 prodi berakreditasi A.

3. Institut Pertanian Bogor

Seperti namanya, Institut Pertanian Bogor atau Universitas IPB ini terletak di Bogor, Jawa Barat. Di Universitas IPB terdapat 137 prodi terakreditasi A dari jumlah 225 prodi yang dibagi ke dalam 9 fakultas, 1 sekolah bisnis, 1 sekolah pascasarjana, dan program Diploma.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki prodi terakreditasi A sebanyak 123 prodi dari lebih 170 prodi. Tak hanya itu, Universitas Airlangga yang terkenal dengan singkatan Unair juga mendapatkan peringkat kedua sebagai prodi dengan akreditasi internasional terbanyak di Indonesia.

5. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran yang berlokasi di Jatinangor, Jawa Barat juga cukup terkenal dan banyak peminatnya. Bukan hanya sekedar terkenal karena nama, Unpad memiliki banyak prodi terakreditasi A terbanyak ke-lima, yaitu sebanyak 122 prodi dari jumlah 127 prodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.