Universitas Hasanudin Makassar

Universitas Hasanudin Makassar

Universitas Hasanudin Makassar

Universitas Hasanudin Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, yang berdiri pada 10 September 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi wakil presiden.

Baca juga artikel lainnya : Jurusan Psikologi Di UGM

Awalnya, Unhas dibangun di Baraya. Namun, pada awal 1980-an, Unhas dipindahkan ke Tamalanrea. Sejak akhir 2006, fakultas di Universitas Hasanuddin bertambah satu yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan, yaitu Fakultas Kehutanan. Hingga kini, Universitas Hasanuddin menyediakan pendidikan pada 16 fakultas yang terbagi menjadi empat disiplin ilmu, yaitu sains dan teknologi, sosial dan humaniora, ilmu kesehatan, dan ilmu pertanian.

Profil Universitas Hasanudin Makassar

Universitas Hasanuddin adalah salah satu universitas bergengsi yang terletak di daerah Sulawesi Selatan, Indonesia. yang Berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10 Kota Makassar. Kampus Hasanuddin saat ini menempati area seluas 220 hektare. Universitas Hasanuddin atau disingkat UNHAS awalnya merupakan pengembangan fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat Bung Hatta masih menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Saat ini Universitas Hasanudin telah menjalankan status penuhnya sebagai Perguruan Negeri Berbadan Tinggi Hukum (PNBTH) yang telah bersaing dengan puluhan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Statuta Universitas Hassanuddin terdiri dari 11 BAB dan 76 Pasal yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden no.82 tahun 2014.

Berdirinya Universitas Hasanuddin secara resmi tahun 1956. Sebelumnya pada tahun 1947 Universitas Hasanuddin merupakan cabang fakultas ekonomi miliki Universitas Indonesia. Karena ketidakpastian dan kekacauan yang terjadi di daerah Makassar dan sekitarnya maka fakultas yang dipimpin oleh Drs. LA Enthoven ini dibekukan dan dibuka secara resmi kembali pada tahun 1953 dibawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk

Saat terjadimya stagnasi pada tahun 1950 Prof. Drs G.J Wolhoff, dan kawan-kawan mempersiapkan diri untuk membangun fakultas hukum swasta yang kemudian berkembang menjadi Perguruan Tinggi Sawerigading. Mereka terus mewujudkan diri untuk menciptakan universitas negeri sampai terbentuk panitia Pejuang Universitas Negeri tahun 1950. Perjalanan awal dari terbentuknya universitas negeri adalah dengan membuka  fakultas Hukum dan pengetahuan masyarakat atas dasar cabang dari Universitas Indonesia dengan dekan pertama Prof. M. Djokosoetono yang juga sebagai dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kemudian dibukanya Fakultas Kedokteran atas kesepakatan pihak yayasan dengan kementrian PP dan K yang telah diresmikan. Dalam kurun waktu selama 4 tahun atas dasar kegigihan dan kerja keras tinggi akhirnya terbentuklah Universitas Negeri yang diberi nama Universitas Hasanuddin dengan keluarnya PP no.23 tahun 1956.

Leave a Reply

Your email address will not be published.