Universitas Hukum Terbaik Di Dunia

Universitas Hukum Terbaik Di Dunia

Universitas Hukum Terbaik Di Dunia

Universitas Hukum Terbaik Di Dunia – Sebelum menjadi profesional di bidang hukum, seperti advokat, hakim, jaksa, kurator, dan lainnya, ada beragam persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya telah meraih gelar sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum. Ada banyak kampus hukum di Indonesia dan di luar negeri. Tapi dari semua kampus yang ada di seluruh dunia, manakah diantaranya yang terbaik?

Baca juga : Universitas Pakuan, Bogor Yang Banyak Dikenal Orang

Sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan pendidikan tinggi, Quacquarelli Symonds (QS) telah melakukan pemeringkatan terhadap kampus terutama bidang studi hukum (law and legal studies) yang ada di berbagai negara. Sebagaimana dilansir di laman topuniversities.com, QS, perusahaan yang berbasis di London Inggris itu merangkum sedikitnya 50 kampus hukum terbaik di dunia tahun 2021.

Jurusan hukum adalah salah satu jurusan andalan banyak universitas di berbagai belahan dunia, terutama yang mengedepankan bidang-bidang teori. Di Indonesia, jurusan hukum masuk ke dalam satu fakultas sendiri yaitu fakultas hukum. Di luar negeri fakultas hukum umumnya disebut Law School. QS World University Ranking by Subject merilis TOP Law School di dunia tahun 2020.

Jurusan hukum mempelajari tentang semua sistem hukum yang berhubungan antara kehidupan manusia dan kegiatan berbisnis. Selama kuliah, kamu akan belajar tentang undang-undang termasuk hukum dasar yaitu konstitusi hukum dagang, tata negara, tata pidana dan hukum perdata. Termasuk hukum internasional yang justru cakupan hukum yang lebih luas.

Bebeapa Universitas Hukum Terbaik Di Dunia

Harvard University

Dengan perolehan poin 99,9, angka yang nyaris sempurna ini mengantarkan Law School Harvard University untuk meraih peringkat pertama sebagai jurusan Hukum terbaik. Harvard Law School sendiri didirikan pada tahun 1817 dan menjadi sekolah hukum tertua di Amerika Serikat. Dengan pengalaman lebih dari 200 tahun menyajikan pendidikan di bidang hukum, tentunya Harvard University wajib menjadi salah satu universitas tujuanmu untuk melanjutkan kuliah.

University of Oxford

Di peringkat kedua ditempati oleh Faculty of Law University of Oxford. Mendapatkan perolehan poin yang mencapai angka 96,7 membawa University of Oxford berada setingkat di bawah Harvard University. Namun, tentunya Faculty of Law yang ditawarkan oleh University of Oxford tak kalah unggulnya dengan Harvard University. Salah satunya dari rentan sejarah Fakultas Hukum Oxford yang telah berjalan lebih dari 800 tahun dalam menyajikan pendidikan di bidang hukum.

University of Cambridge

Mendapatkan perolehan poin yang mencapai angka 96,4 mengantarkan Faculty of Law University of Cambridge untuk menduduki peringkat terbaik ketiga. Program-program yang ditawarkan oleh Faculty of Law di Cambridge University meliputi BA in Law (S1), Master of Law (S2), Master in Corporate Law (S2), serta Doctorate in Law (S3).

Yale University

Yale University menempati peringkat terbaik keempat di antara jajaran universitas dunia yang menawarkan jurusan Hukum terbaik. Yale Law School sendiri didirikan sejak tahun 1824 dan telah menyajikan pendidikan di bidang Hukum selama hamper dua ratus tahun. Tak hanya itu, keunggulan Yale Law School juga terlihat dari perolehan poin yang didapatkannya, yaitu mencapai angka 94.

Stanford University

Tak ingin ketinggalan dengan universitas-universitas dunia lainnya, Stanford juga turut mengambil tempat dalam peringkat jurusan Hukum terbaik di tahun 2021 ini, yakni di peringkat terbaik kelima. Dengan perolehan poin yang mencapai 92,4, Stanford Law School bisa menjadi salah satu pilihan universitas tujuanmu. Stanford Law School sendiri telah berdiri sejak 1893, yang artinya telah menyajikan pendidikan di bidang Hukum lebih dari 120 tahun.

London School of Economics and Political Science

Satu lagi perguruan tinggi asal Inggris yang juga berhasil untuk menduduki peringkat terbaik di jurusan Hukum bersama universitas-universitas dunia lainnya, yaitu London School of Economics and Political Science atau LSE. LSE Law School mendapatkan perolehan poin yang menapai angka 89,9 yang mengantarkannya untuk meraih peringkat terbaik keenam.

Columbia University

Columbia Law School yang didirikan sejak tahun 1856, atau dengan pengalaman menyajikan pendidikan di bidang Hukum selama lebih dari 160 tahun ini mendapatkan peringkat terbaik ketujuh. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking, Columbia Law School meraih perolehan poin 88,9.

New York University

Berbeda tipis dengan perolehan poin yang didapatkan oleh Columbia Law School, New York University Law School mendapatkan perolehan poin 88,6. Dengan perolehan angka tersebut, New York University Law School menempati peringkat terbaik kedelapan di antara jajaran universitas dunia lainnya untuk jurusan Hukum. Karenanya, Law School yang didirikan sejak tahun tahun 1891 ini patut untuk menjadi salah satu pilihan universitasmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.