Universitas Nahdlatul Ulama Padang

Universitas Nahdlatul Ulama Padang

Universitas Nahdlatul Ulama Padang

Universitas Nahdlatul Ulama Padang – Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Sumatra Barat yang berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama. Pada petengahan September 2016 dimulai perkuliahan perdana UNU Sumbar dengan jumlah mahasiswa pertama sekali sekitar 75 orang dengan lokasi kampus di Jalan Bandar Purus No 71 Kota Padang. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat memiliki 5 Fakultas dengan jumlah program studi 10 program studi.

Baca juga artikel lainnya : Informasi Seputar Universitas Kasuari

Semua kegiatan Universitas diadakan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri 3 yaitu kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu prinsip penting yang menjadi khas Universitas NU adalah penguatan kemampuan mahasiswa dibidang intelektual. Meski kampus baru, tapi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat (UNU Sumbar) yakin bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di dalam maupun luar Sumbar.

“Saat ini, tengah intens membangun citra dan berbenah diri. Alhamdulillah, semua program studi terakreditasi,” ungkap Rektor UNU Sumbar, Prof Dr Yunia Wardi, MSi, Selasa (26/10).

Menurut Prof Yunia, ada 10 program studi dengan tiga fakultas di UNU Sumbar, yaitu Fakultas Sosial dan Humaniora, Fakultas Sains dan Fakultas Teknik. Beberapa waktu lalu, ada 3 prodi yang sudah diassesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu Prodi Agrobisnis, Budidaya Perairan dan Ilmu Hukum.

Jurusan Di Universitas Nahdlatul Ulama Padang

Sebanyak 10 program studi yang ada Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat sudah terakreditasi. Masing-masing tiga program studi pada jurusan Fakultas Teknik, empat program studi Fakultas Sosial dan Humaniora dan 3 program studi Fakultas Sains.

Demikian diungkapkan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat Prof. Ganefri, Ph.D pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad (14/11/2021) di aula Kakamenag Pesisir Selatan, Painan. Menurut Ganefri yang juga Ketua BPP UNU Sumbar, sebelum diambil-alih dari pengurus sebelumnya, kampus UNU Sumbar berada di pinggir Kota Padang. Alhamdulillah sekarang kampus UNU Sumbar sudah dipusat kota, yakni di jalan S. Parman Padang.

Dikatakan Ganefri, selama kurang lebih empat tahun, akreditasi UNU Sumbar tidak jelas. Kini semua prodi sudah terekreditasi. Masing-masing prodi di Fakultas Teknik adalah Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi. Fakultas Sosial dan Humaniora prodi Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggis. Fakultas Sains prodi Agrobisnis, Manajemen Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan. Semua prodi yang dikembangkan UNU ini termasuk bagus untuk menghasilkan sarjana di bidangnya.

“Keluarnya akreditasi UNU Sumbar ini, mendapat pujian dari mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh. Karena prestasi BPP UNU Sumbar dalam menyiapkan bahan dan proses akreditasi tersebut. Karena itu, PWNU mengajak warga NU khususnya dan masyarakat di Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke perguruan tinggi UNU Sumbar. Anak-anak warga NU bisa masuk UNU dengan beasiswa KIP kuliah,” kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.