Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak kok universitas-universitas terbaik pencetak guru yang berkualitas, baik itu universitas negeri atau swasta. Di perguruan tinggi ini juga memiliki program studi pendidikan untuk menjadikan mahasiswanya guru yang bermutu. Nah, cocok banget untuk kamu yang bercita-cita menjadi guru dan ingin masuk program studi keguruan, yuk kita lihat daftar universitas keguruan negeri terbaik di Indonesia versi Kemendikbud 2020

Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penilaian ini dibagi menjadi beberapa kluster sesuai indikator penilaian yang digunakan. Penilaian yang dilaksanakan Kemendikbud pada tahun ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia. Hasil klusterisasi tersebut akan digunakan menjadi landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perbaikan terus-menerus yang bertujuan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Gunadarma Tangerang

Dengan status sebagai universitas, artinya kampus tak lagi menyelenggarakan perkuliahan yang terbatas di bidang pendidikan saja. Ada jurusan-jurusan teknik, ilmu murni, hingga program profesi di universitas. Sementara itu, jurusan guru biasanya berada di satu fakultas terpisah (FKIP) atau menjadi satu fakultas dengan jurusan-jurusan ilmu murni yang serumpun.

3 Universitas Pendidikan Terbaik Di Indonesia

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas dengan jurusan pendidikan terbaik yang pertama ialah Universitas Pendidikan Indonesia atau akrab disapa UPI. Kampus ini terletak di Bandung, Jawa Barat dan berdiri sejak tahun 1954.

UPI memiliki 8 fakultas dengan lebih dari 20 jurusan di bawahnya. Mulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Fakultas Pendidikan Ilmu Alam, Fakultas Pendidikan Teknik, Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis, dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Jasmani.

By the way, Universitas Pendidikan Indonesia ini tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten dengan pusat di Kota Bandung. UPI juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, sehingga menjadi salah satu incaran pelajar yang ingin menempuh pendidikan keguruan di seluruh Indonesia.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Next, universitas dengan jurusan pendidikan terbaik berikutnya yaitu Universitas Negeri Yogyakarta yang terletak di Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Yap, Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang paling diidamkan seluruh pelajar Indonesia dalam menuntut ilmu.

Kampus ini menyediakan 9 fakultas dengan 102 jurusan di bawahnya. FYI, kampus ini memiliki akreditasi A yang dikeluarkan secara resmi oleh BAN-PT. Kira-kira ada fakultas apa aja sih di universitas satu ini?

Dimulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan dengan 9 jurusan di bawah naungannya, Fakultas Bahasa dan Seni dengan 11 program studi, Fakultas Ilmu Sosial dengan 8 program studi, Fakultas Teknik dengan 13 program studi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan 4 program studi, dan Fakultas Ekonomi dengan 5 program studi.

3. Universitas Negeri Surabaya

Dari Yogyakarta kita beralih ke Surabaya, ada Universitas Negeri Surabaya atau akrab disapa UNESA sebagai salah satu universitas dengan jurusan pendidikan terbaik. Kampus satu ini memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 50 program studi.

Selain jurusan di bidang pendidikan UNESA juga menyediakan beberapa jurusan di luar pendidikan kok. Kamu bisa menjumpai program studi psikologi, manajemen pendidikan, sastra Jerman, sampai sosiologi, bahkan teknik elektro di universitas satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.