Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah diumumkan, Selasa (29/3/2022). Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTN masih ada kesempatan di jalur lain. Yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 atau melalui Jalur Seleksi Mandiri. Tetapi, bagi yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Indonesia punya universitas swasta yang tak kalah dengan PTN.

Namun sebelumnya, kamu harus tahu dulu kampus terbaik di Indonesia. Karena, di Indonesia ada banyak kampus atau perguruan tingginya. Sebelum memilih universitas swasta terbaik di tanah air, kamu bisa melihat dari hasil pemeringkatannya. Kampus itu layak tidak untuk dijadikan tempat menimba ilmu.

Salah satu lembaga pemeringkatan, Webometrics telah menyusun peringkat universitas terbaik di Indonesia dan dunia. Dalam pemeringkatan itu, ada sebanyak 2.585 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan. Universitas swasta terbaik di tanah airbisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S1. Khususnya, bagi siswa kelas 12 yang tengah mencari bangku kuliah. Kali ini, daftar peringkat universitas swasta terbaik di tanah air 2022  dirilis oleh Lembaga pemeringkat Webometrics. Lembaga tersebut merangkum sebanyak 2.585 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

5 Universitas Swasta Terbaik di Tanah Air

1. Telkom University

Menjadi juaranya universitas swasta terbaik, Telkom University berada di urutan ke-7 se-Indonesia. perguruan tinggi swasta ini berada di Bandung, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Berada di jajaran PTN-swasta terbaik, tak heran bila Telkom University hampir selalu hectic di masa pendaftaran mahasiswa baru.

Baca juga : Profil Singkat Universitas Islam Indonesia

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta terbaik pada urutan kedua adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus ini sudah puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan. Pada 2021, peringkatnya se-nasional berada di urutan ke-9.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terkenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Yogyakarta pasti takkan ketinggalan punya kampus swasta terbaik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada di urutan ke-11 di tingkat nasional.

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia telah menjadi bagian dari pendidikan tinggi yang penting di Indonesia sejak 1945. Kini, salah satu universitas swasta terbaik ini berada di urutan ke-12 nasional.

5. Universitas Gunadarma

Berawal dari sebuah Program Pendidikan Ilmu Komputer di tahun 1981, Universitas Gunadarma kini telah menjadi satu dari lima besar universitas swasta terbaik. Universitas Gunadarma berada di urutan ke-15 se-Indonesia.

Sebelum memilih universitas swasta terbaik di tanah air, kamu bisa melihat dari hasil pemeringkatannya. Kampus itu layak tidak untuk dijadikan tempat menimba ilmu.

Salah satu lembaga pemeringkatan, Webometrics telah menyusun peringkat universitas terbaik di Indonesia dan dunia.

Dalam pemeringkatan itu, ada sebanyak 2.585 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan. Melansir laman Webometrics, Rabu (30/3/2022), pemeringkatan Webometrics 2022 menggunakan indikator:

  • impact atau visibility
  • openness atau transparency
  • excellence

Leave a Reply

Your email address will not be published.