Universitas Terbaik Di Kalimantan Timur

Universitas Terbaik Di Kalimantan Timur

Universitas Terbaik Di Kalimantan Timur

Tahukah kalian bahwa terdapat beberapa Universitas terbaik di Kalimantan Timur? Universitas-universitas ini mempunyai kualitas pendidikan dan fasilitas yang tidak kalah lengkap dan bagus dibandingkan dengan universitas lain yang ada di luar Pulau Kalimantan. Untuk siswa kelas 12 yang berdomisili di Kalimantan, terutama di Kalimantan Timur, artikel ini dapat menjadi referensi kalian untuk mencari dan mendapatkan universitas yang kalian inginkan.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Lebih Universitas Presiden

Universitas-universitas di bawah ini memiliki rekam jejak yang bagus dan telah mencetak para alumni yang berkualitas. Langsung saja yuk kita simak daftar Universitas terbaik di Kalimantan Timur. Hingga saat ini telah ada 102 perguruan tinggi di Kalimantan Timur termasuk institut dan politeknik. Masing-masing perguruan tinggi memiliki jurusan dan program studi yang menitikberatkan pada pembangunan karakter dan pengembangan karir berbasis kearifan lokal dan teknologi di masa mendatang.

Kamu dapat menemukan banyak Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur, mulai dari kategori Akademi, Sekolah Tinggi, Politeknik, Institut, bahkan Universitas. Ada beberapa Kampus Negeri maupun swasta yang sangat direkomendasikan untuk Kamu pilih versi Kampus Impian. Indikator Penilaian Kampus Tersebut meliputi (Input+Proses+Output+Outcome) dari Klasterisasi Pendidikan Tinggi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beberapa Universitas Terbaik Di Kalimantan Timur

1. Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan

Institut Teknologi Kalimantan atau disiningkat ITK merupakan perguruan tinggi negeri yang beralamat di Jl. Sukarno Hatta KM. 15 Kec. Balikpapan Utara. Perguruan tinggi negeri ini diresmikan pendiriannya pada tanggal 6 Oktober 2014. Kampus yang satu ini diketahui telah memiliki beberapa jurusan maupun program studi seperti;

  1. Jurusan matematika dan teknologi informasi dengan program studi matematika, program studi informatika
  2. Jurusan sains teknologi pangan dan kemaritiman dengan program studi fisika, program studi teknik perkapalan
  3. Jurusan teknologi industri dan proses dengan program studi teknik mesin, program studi kimia
  4. Jurusan teknologi sipil dan perencanaan dengan program studi perencanaan wilayah dan kota
  5. Jurusan ilmu kebumian dan lingkungan  dengan program studi teknik material dan metalurgi, program studi teknik lingkungan

2. Institut Agama Islam Negeri Samarinda

Perguruan tinggi terbaik di Kota Smarinda yang berstatus negeri berikutnya yaitu ada Institut Agama Islam Negeri Samarinda yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1997. IAIN Samarinda ini memiliki setidaknya 4 fakultas yaitu;

  1. Fakultas tarbiya dan ilmu keguruan dengan Prodi pendidikan agama islam, prodi bahasa inggris, dan lain-lain.
  2. Fakultas ekonomi dan bisnis islam dengan Prodi perbankan syariah, prodi ekonomi syariah
  3. Fakultas ushuluddin adab dan dakwah dengan Prodi komunikasi penyiaran islam
  4. Fakultas syariah dengan Prodi hukum ekonomi syariah, prodi hukum keluarga islam

3. Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda atau disingkat dengan istilah POLNES merupakan perguruan tinggi negeri yang alamatnya berada di Jl. Politeknik Negeri Samarinda, Sungai Keledang. Universitas ini memiliki beberapa program studi antara lain ialah :

  1. Program studi rekayasa jalan dan jembatan
  2. Program studi keuangan perbankan
  3. Program studi teknik informatika multimedia
  4. Program studi akuntansi manajerial
  5. Program studi teknik sipil
  6. Program studi desain produk
  7. Program studi pariwisata
  8. Program studi teknik kimia

4. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda atau disingkat POLITANI adalah perguruan tinggi negeri di Kalimantan Timur yang didirikan pada tanggal 6 Februari 1989. Perguruan tinggi ini mempunyai beberapa jurusan dengan program studi yang diuraikan sebagai berikut :

  • Jurusan manajemen pertanian

Program studi pengelolaan hutan, program studi manajemen perkebunan, program studi manajemen informatika, program studi manajemen lingkungan, program studi budidaya tanaman perkebunan dan sebagainya.

  • Jurusan teknologi pertanian

Program studi teknologi hasil hutan dan program studi teknologi pengolahan hasil perkebunan.

5. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan

Selanjutnya yaitu ada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan yang menyelenggarakan program pendidikan jenjang Diploma III dan Diploma IV. Selain itu perguruan tinggi negeri ini juga melaksanakan pendidikan profesi ners, pendidikan jarak jauh, dan program rekognisi pembelajaran lampau. Politeknik

Leave a Reply

Your email address will not be published.